Sabtu, 31 Desember 2011

4MkB (2011)





-->
     Apa itu 4MkB? Nama makanan? Nama negara? Atau namamu? Wehehe, bercanda. 4MkB adalah projek akhir tahun 2011 yang sengaja Bli Gung siapkan untuk menutup tahun ini demi menyambut tahun 2012 yang lebih cerah terang benderang wahai pembaca blog niki sane wangiang titiyang (pembaca blog ini yang aku sayangi)  :* #tarik nafas

Jumat, 23 Desember 2011

Anak Agung Ayu Mirah Ariati nama Ibuku

This is my mom, no, my SUPERMOM :')

     Hari ini tanggal 23 Desember 2011. Khusus di postingan ini Bli Gung Yudha akan menulis sesuatu tentang ibu. Kenapa ga kemarin aja nulisnya pas hari ibu? Maunya sih gitu, tapi begitu mau nulis sebelum akhir tanggal 22 desember, eh, kena pemadaman bergilir. Jadinya komputer mati, lampu mati, tv mati. Semuanya mati. Selanjutnya aku juga pura – pura mati di kasur deh :P (baca : tidur)

Senin, 19 Desember 2011

Kosakatarasa (2011)



      Hai Kamu! Iyaa, kamu yang lagi baca blog ini. Ga usah tolah toleh. Iya, kamu dah. Apakah kamu memiliki perasaan? Bingung ya? Iyalah manusia punya perasaan. Kalo gitu, kamu bisa ga mendeskripsikan rasa yang sedang kamu alami sekarang?

Senin, 12 Desember 2011

Saya Lapar, Haik! Pengen Makanan Jepang, Neik!



     Perut lapar. Kantong cekak. Dompet kering (eh? Sama aja ya?). Saat – saat menegangkan dalam hidupku dimulai. Dunia terasa berhenti berputar. Seakan harapan dan makanan menjauh. Ketika diriku guling – guling di kasur, aku seperti melihat wajah seorang teman. ‘Ah! Ini hanya halusinasi. Tidaaak! Kenapa harus mukakmu yang muncul?’ Setelah terdiam sebentar dan menyadari bahwa aku sedang tidak berhalusinasi, aku terduduk dan memandang muka temanku yang bengong melihat aku mengigau.

Selasa, 29 November 2011

Ingat makan demi hidup yang lebih baik



         Ada kalanya mahluk seperti Agro merasa kelaparan. Dalam kurun waktu setahun, intensitas kelaparannya mencapai angka 30%. Cukup tinggi dan memungkinkan efek yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bagi orang biasa, kejadian ini mirip seperti reality show “Kejamnya Dunia Lain”. 

Senin, 21 November 2011

Jangan Bertengkar Melulu, Maafkanlah kekasihmu




Hidup terasa gelap bagi Agro sekarang. Mukanya semendung nasi basi dan sekecut buah asem. Malem kemarin Agro marahan sama Aluna, seorang cewe yang engga tahu kenapa mau aja pacaran sama mahluk setengah alien ini. Pasalnya mutan jambu monyet ini salah strategi dalam menerapkan kencan hemat nan romantis yang dibacanya di blog Media Imajinasi edisi lampau. Sewaktu makan malam, Agro becandaan dengan Aluna ‘n kaga sengaja nyolek hidung si cewe manis perancis - indo itu. Sekedar nyolek sih ga pa pa, tapi dengan modal sambal tomat yang masih nyangkut di jemari selentik kuli milik Agro? Si Aluna yang semula cakep langsung megap – megap kaya dugong dikasi limbah atau lebih mirip kaya siput ditaburin garam. 

Rabu, 16 November 2011

Kisah Seorang Drummer (2011)



     Kisah (hoax) : Menceritakan kegigihan seorang pemuda yang ingin menjadi bagian dari sebuah band punk terkenal, Surviving Shiro. Atas niatnya yang kuat, suatu hari datanglah surat dari surga yang mengantarkan dirinya mengikuti audisi drummer Surviving Shiro. Apakah yang selanjutnya terjadi?

Senin, 14 November 2011

Oleh – oleh dari Nusa Penida :)


Nusa Penida :D

   
     Tanggal 5 November 2011 aku berkesempatan ke Nusa Penida. Sebenarnya sih untuk urusan persembahyangan. Tapi dengan modal niat dan instagram ditangan, jadilah perjalanan kali ini kusebut Wisata Rohani Nusa Penida ala Bli Gung Yudha (kapak..kapak… tudjeeeng!)

Rabu, 09 November 2011

Pecha Kucha Night #8

Giving + sharing your passion

Punya ide menarik? Atau merasa bahwa kamu memang memiliki potensi lebih untuk itu? Ikutan aja Pecha Kucha Night #8. Registrasi bisa langsung hubungi nomor di poster. Gratis! Ayo, Tunjukkan pada dunia (via pecha kucha) ide maupun gagasanmu. 'Ga usah malu. Ide maupun gagasanmu itu keren. Sekeren wajah kalian yang ganteng - ganteng dan cantik - cantik. Kalo mau lebih ganteng dan cantik, ya ikutin aja Pecha Kucha Night #8 ini :D

Minggu, 06 November 2011

Resensi - Kedai 1001 Mimpi (Nonfiksi)

Cover Kedai 1001 Mimpi :D

      Awalnya buku ini kulihat di meja seorang teman, Abe. Atas anjurannya dan promosi seorang teman juga, Esha, akhirnya aku membaca satu bab dari buku ini. Menarik! Itu yang kutangkap ketika membaca awal bab buku ini. 

Selasa, 25 Oktober 2011

Redesign logo Studi_yo [films] – Imajinasi segar dalam gelora jiwa muda

Halo kawan – kawanku yang tetap bersemangat di hari yang panas ini. Bagaimana kabar kalian? apakah masih sibuk diam di depan kipas angin atau berdoa agar hujan datang ? Teruskanlah kawan. Karena itu adalah prestasi. Berhubung hari ini cerah, bagaimana kalau kita pergi beli es krim dan guling – guling di kasur yang adem? #bujukan setan yang tidak nyambung sedari awal postingan ini dibuat -__-!



Logo Baru... cihuuuy ^^

Kamis, 20 Oktober 2011

[dibuang sayang] - Dunia Pembelajaran Etika Moral dan Budi Pekerti (2012)



Video ini adalah seri dibuang sayang atau behind the scenenya (kalo orang bule bilang) video Dunia Pembelajaran Etika Moral dan Budi Pekerti. Video ini khusus didedikasikan kepada teman – teman yang menggemari video pembelajaran ini. Selamat! Kalian menjadi semakin beretika, keren, ganteng, cantik, gila dan jenius setelah menontonnya. Selain itu untuk merayakan (ceritanya) video ini yang secara tidak sengaja masuk ke dalam 60 besar festival OK video Flesh ke 5 bareng teman – teman dari 50 negara lainnya :)

Kamis, 29 September 2011

Menelanjangi Malam Pasar Badung (2011)


   Suasana malam itu unik. Jika yang terlihat di siang hari adalah kehidupan masyarakat biasa yang monoton itu – itu saja, aktivitas di malam hari bisa sangat berbeda. Waktu yang membuat para penjelajah malam menemukan berbagai kegiatan masyarakat yang jarang bisa ditunjukkan saat siang hari.

Rabu, 14 September 2011

Pembalasan Terkutuk Manusia Laba – Laba (2011)




     TEROR TELAH TERJADI! Masa dimana semua mahluk hidup dalam kedamaian telah terusik. Khususnya kepada manusia yang hobi mengganggu ataupun menyiksa binatang. Ya! Teror itu bernama Manusia Laba – Laba. Dia akan mencari dengan tekun orang – orang yang memiliki niat jahat terhadap binatang. Kalau bertemu, jangan harapkan belas kasihan darinya. Karena dia TIDAK memiliki rasa kasihan untuk dibagi. Yang ada hanyalah dendam kesumat yang terkumpul dari binatang untuk dibalaskan. Berhati – hatilah terhadapnya.Waspadalah akan Pembalasan Terkutuk Manusia Laba – Laba !

Jumat, 26 Agustus 2011

Ngerebong (2011)



     Ngerebong memiliki keunikan tersendiri dalam penyelenggaraannya sebagai salah satu upacara adat di Bali. Ngerebong yang diselenggarakan di Pura Agung Petilan, Kesiman, Denpasar ini bertujuan untuk menyomia / menyucikan pribadi setiap umat yang ikut serta dalam prosesi upacara di Pura Pengerebongan. Yang menjadi menarik adalah proses ngurek (menusukkan keris ke anggota badan seperti dada, pundak, dll) sebagai bukti bakti pemedek (orang yang mengikuti upacara) terhadap Betara – Betari (dewa – dewi) yang pada saat itu berkumpul di pura Pengerebongan.

Kamis, 04 Agustus 2011

Gaya Gokil YUDHA pake Parfum, eh, AXE (2011)

  Malam itu, tanggal 28 Mei 2011. Saya bertemu secara rahasia dengan seorang kawan yang identitasnya sengaja saya rahasiakan. Kita sebut saja mahluk itu Mertana. Jam delapan malam kita bertemu. Dia memiliki misi untuk mengikuti suatu lomba video.

Jumat, 01 April 2011

Dunia Pembelajaran Etika Moral dan Budi Pekerti (2010)



     Proyek idealis dari saya sendiri (Huahahaha). Tentang sebuah parodi video. Bagaimana ketika etika yang berlaku dalam masyarakat dan pelajaran budi pekerti yang kita dapat dari sekolah dulu tidak digunakan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan penggambaran yang sedikit hiperbola dan berlebihan, video ini digarap 100 persen fun dan berharap agar yang menonton juga ikutan fun.

Aksi Demonstrasi Amrozi (2005)




     12 Oktober 2002. Sejarah mengukir kisah kelam bagi pulau Bali. Sebuah Bom meledak di daerah Kuta dan menewaskan lebih dari 200 jiwa. Beberapa waktu setelahnya, ditemukan petunjuk mengenai pelaku pengeboman. Ditangkap dan dipenjara di Kerobokan bagi Amrozy, Imam Samudra dan lainnya sebagai tertuduh yang melakukan aksi teror tersebut. 

Putuskan Karma dari Korupsi (2011)



     Bersama Onox , Empeng, Sastra, Aning dan Tembox , saya membuat video ini untuk mengikuti kontes video yang diselenggarakan oleh salah satu komunitas anti korupsi di Indonesia tahun 2011 ini. Lumayanlah dapat peringkat tiga dan sebenarnya saya kurang sreg dengan durasi yang dipatok pendek, tapi ya sudahlah, namanya juga usaha :)

Video Pembelajaran Bank (2009)




     Event Kontes Suara Konsumen 2009 telah menarik minat saya dan Lina Pw untuk mengikuti salah satu lomba yang diadakan. Lomba video tentunya. Video ini tercipta pure sebagai materi untuk dilombakan. Tema luasnya tentang bank. Jadi dengan sedikit polesan dan imajinasi liar, video ‘agak’ hiperbola ini pun lahir dan menyabet juara satu se-Indonesia.

Green Your Mind (2009)




     Sebuah iklan semi animasi yang digarap oleh saya, WS, Sanjaya dan Lina PW. mengajak Belo sebagai pemeran utama dalam video ini. Green Your Mind awalnya lahir dari ikut – ikutan event yang diselenggarakan oleh salah satu operator selular Indonesia yang pada akhirnya penentuan pemenang berdasarkan banyak – banyaknya sms yang masuk ke panitia (Jujur untuk mode sms ini kami baru tahu, sigh).

Di Mana Sepedaku ??? (2010)




     Sebuah potret perubahan jaman. Trisma dikenal sebagai salah satu sma di Denpasar yang ketat dengan kedisiplinannya. Tapi yang terlebih lagi, Trisma dahulu identik dengan yang namanya sepeda. Ya, video ini memparodikan bagaimana sebuah ‘tradisi’ (baca sepeda) dapat digantikan oleh yang namanya perubahan jaman.

Nafas (2007)




     Bersama WS dan Sanjaya, iklan layanan masyarakat ini tumbuh atas dasar kekhawatiran kami terhadap ancaman emisi karbon yang mengepung dunia sekarang. Dianalogikan dengan sebuah lilin yang bahkan akan mati oleh asap yang ditimbulkannya, begitu juga manusia yang pasti akan semakin ‘sulit’ hidup dengan asap, gas buangan, emisi karbon yang semakin banyak menyebar kini.

The Great Adventure (2009)



     Sama dengan Go... go... go for Reef, video ini lahir dari keinginan untuk mengikuti lomba iklan layanan masyarakat yang diselenggarakan oleh (aku masih lupa T,T) Kali ini Lina Pw juga merangkap sebagai artisnya. Diisi penuh dengan lagu dari D’kantin sebagai soundtracknya.

Go…go..go… for Reef (2009)


     Video ini awalnya muncul berkat keteguhan hati seorang teman Lina PW untuk mengikuti lomba iklan layanan masyarakat yang diselenggarakan oleh (aku lupa T,T). Bersama dia, saya mengkonsepkan video ini menjadi seorang anak kecil yang terus berlari hingga akhirnya berhenti di tepi pantai untuk melepaskan terumbu karang yang tersimpan rapi dalam kotak yang dibawanya. Diedit rapi dengan gabungan suara tambahan dan background musik oleh D’kantin.

Sekali untuk Selamanya (2010)




     Seorang teman suatu hari mengajak saya untuk membuat video promosi bagi event pembuatan novel yang diselenggarakan oleh GagasMedia. Namanya Dian. Novel yang ia kirimkan harus dibuatkan video promosinya dan untuk itulah fungsi video ini sebenarnya. Kalau melihat contoh video promosi yang dikirimkan peserta lain, itu hanya terpaku pada kamera yang merekam dirinya sendiri dan mulai wawancara pribadi tentang keunggulan novel mereka. Tapi, apa salahnya kita mencoba membuat video promosi yang berbeda? *keluar tanduk

Per’Tani’an (2006)




     Video ini dibuat untuk mengikuti lomba animasi dan video tingkat SMA yang diselenggarakan oleh Program studi penyuluhan dan Komunikasi Pertanian LP3 Universitas Udayana. Saat itu tahun 2006 dan saya baru saja memasuki jenjang kelas 3. Bersama tim Madyapadma (tim jurnalistik sma saya, Trisma) saya membuat video ini bersama Yeni , Dwi, dan Sintha dan mengajak Mahendra sebagai aktornya.
     

Warn for Warming (2009)



     Saya bersama LinaPW mengerjakan konsep video yang pada akhirnya bertopik menjaga lingkungan ini. Diperlihatkan bahwa semakin lama penggerusan sumber daya alam dan penggunaannya secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada bumi. Maka dari itu diperlukan suatu tindakan yang Wise agar hal itu tidak terjadi. (Haiyah!) Kalo lagi iseng dan senggang, sangat diperbolehkan untuk melihat videonya. Yeah!

Selasa, 22 Maret 2011

Dia (cenderung) dikalahkan perasaannya

      Dua dekade yang lalu, awal dari semua cerita pada dirinya. Untuk pertama kalinya dia menangis dan merengek kepada dunia yang menyorotinya secara nyata. Selama sembilan bulan terakhir dia tertelungkup aman dengan sekat kulit perut dari rahim wanita yang membatasi dirinya dengan dunia. Ditangkup oleh tangan seorang bidan yang sigap, segera membersihkan tubuhnya dari darah dan untuk selanjutnya diserahkan pada ibunya. Saat itu dia mungkin belum sadar untuk apa dia lahir. Hem, mungkin jawaban untuk pertanyaan itu hanya BELIAU yang tahu. Tapi yang jelas, dia akan belajar banyak hal. Belajar melihat, berjalan, berbicara, belajar mengenal orang lain, belajar pelajaran sekolah, olahraga, logika, perasaan dan tentu saja hal lainnya.

Kamis, 03 Februari 2011

Aku Suka Pantai


     Pantai selalu membuatku merasa nyaman. Seakan memiliki emosi, deburan ombak nya selalu menyahut ketika aku mencoba berbicara denganya. Oke,oke, Mungkin terdengar aneh tapi apa salahnya berbicara pada benda mati? :D

Minggu, 16 Januari 2011

Sebuah Sayap



“ DIAS, CUKUP !!! ”  PRYANG !!!!
“AH, BULS**T SEMUA, AKU TAHU APA SAJA YANG IBU KERJAKAN TIAP MALAM !!!  ”
“ IBU MELAKUKAN ITU DEMI HIDUP KITA BERDUA !!! “
“ AAAAH !!! ALASAN..... SEJAK BAPAK MENINGGAL, IBU TEGA MENGKHIANATI BA......”
PLAKKKK !!!  “ CUKUP.....!!! ”

Senin, 03 Januari 2011

(Ga) Galau ?



Definisi kata galau, mendeskripsikan suatu keadaan yang tidak nyaman dalam suatu waktu (menurut definisi saya). Kira – kira, hal apa saja yang membuat seseorang menjadi galau? Baiklah, hal apa saja yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman?