Selasa, 12 Oktober 2010

Marco and Friends with Rubber Latex


            Minggu depan sekolah si Marco - SMA Soykan - akan ngadain lomba2 bwat nyambut bulan bahasa. Kaya lomba nyambit getah karet, makan krupuk udang pake garpu tala , lari 1 bakiak 4 pasangan, makan donat 3 dus tv, sepak takraw bola bekel, lari 200 m gaya bebek, fotogenic people versi orang2an sawah n' lomba band. Nah knapa lombanya rada aneh? karena tema yang diangkat tahun ini adalah "KREATIF = COOL" nah, untuk urusan lomba kayanya pihak panitia rada kelewatan kreatif. Untuk keikutsertaan diwajibkan setiap kelas mengirim perwakilannya, setiap lomba minimal terisi satu perwakilan.

            " Ko, lu ngewakilin kelas kita ya bwat ikut lomba" suara si Andro - ketua kelas - ngasi titahnya.
            " Hah? Ogah ah, emangnya temen2 yang laen kmana? "
            " Semua udah pada ngedaftar, lahan band penuh n' lahan2 yang laen pada lega tuh.....hmmm yang sisa cuma lomba nyambit getah karet aja nih bwat kelas kita..."
            " GILA, Emangnya lomba yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan ga ada lagi selaen lomba band?, di mana keadilan bagi seluruh bangsa ?" Si Marco bingung hampir gila bwat baru ngebayangin lombanya kaya gimana.
            " Haaaalah...., yaw udah deh, terserah Lu ngaturnya...kalo sampe Lu ga ikut, ulangan special ntar satu kelas pada ga bakal ngasi Lu contekan loh"
            " Wahduh, Sambel lu ah.....Iya deh...Gw nyari strategi dulu deh" kata si Marco sambil garuk2 rambut kriwilnya yang penuh dengan taburan putih penuh makna yang dapat menggetarkan hati dan jiwa siapapun yang melihatnya : Ketombe
            " Oke deh, Gw tunggu ya ko aksi Lu ntar" si Andro pun pergi

            Berasa bakalan dapet bencana tiada tara, si Marco pun bingung setengah mampus mikirin cara dia bwat ikutan lomba itu. Tiba-tiba dia inget kalo bwat lomba nyambit getah karet 1 tim harus terdiri dari 4 orang, maka dia pun dengan penuh nafsu langsung nyari mangsa bwat dikorbanin ntar pas lombanya.
            Di Kantin dia ngeliat Rendro, langsung aja tuh cowo kriwil senyum2 muka mesum sambil ngedeketin Rendro.
            " Dro, hai....Hehehehe....lagi sendiri nih? " tanya Marco masih dengan penuh arti
            " Bruhk....UhOek..uHuok...kohk...kohk..." Rendro yang lagi asyik makan bakso, langsung nyembur begitu ngeliat Marco datang sambil senyum2 yang cukup menjijikan untuk konsumsi manusia. Kontan aja muka si Rendro memerah kaya orang kecekik sarung bantal ditambah ekspresi mirip orang tenggelam 3 jam di kolam setengah meter. Ngeliat itu jiwa kepahlawanan si Marco bangkit, langsung aja dia pergi ke kios kantin bwat ngambil minuman sambil tak lupa berpesan " Ntar si Rendro yang bayar..."
            " Cegluk...cegluk...clek...gleg....Huaahhh ", bagai mendapatkan oasis di tengah padang kaktus akhirnya si Rendro nanya keperluan si Marco.
            " Lu ngapain sih, ampir aja gua meninggal dalam kuah bakso !!!"
            " Halah, hipermaniak tingkat dodol... baru juga bakso, hehehe.....oh ya, gini...gini...gw ada ide nih.... kan sekolah kita bakal ngadain lomba bulan bahasa, nah maw ga kita bareng sama temen2 yang laennya ikutan Lomba Nyambit Getah Karet..."
Belum selesai si Marco ceramah, si Rendro udah nyetop dengan kata " WAT??? AR YU KRESY? WAT DU YU MIN?" lengkap dengan logat khas kota kelahirannya – Gudeg eh....Jojga -
            " Eits, ntaR dulu .... ,maksud gw kalo kita ikut ntar kan lumayan kita bakal dilirik sama temen se ES'EM'A (penekanan swaktu bilang kata S M A ) karena kita udah berani ikutan lomba yang jarang ada yang mau ngikutin selain itu ntar kalo manjat2 gtu kan musti buka baju...NAH !!!! Itu dia Chooy.......(dengan level keyakinan yang bahkan bayi mabok pun bakalan ogah bwat percaya) Lu bisa ngeliatin body atletis lu sama cewe2, KAN NAMBAH PENGGEMAR LU NDRO !, Iya ga, iya ga?” Samber Marco terhadap temannya yang tak berdosa yang kemampuan intelegensinya di bawah rata-rata karena TK aja nombok bwat lulus.
            Setelah diracunin sama akal bulus yang massa liciknya setara protozoa tersebut, akhirnya si Rendro nyetujuin rencana si Marco bwat ngikutin lomba Nyambit Karet. Dia mikir semua cewe bakal terpesona olehnya.... dan kekekaran tubuhnya. “Hmmm... boleh juga tuh, iya deh gw bareng....”
“Nah gitu donk, kalo gitu gw pergi dulu ya....khikikikik......hda” dan si Marco pun berlalu.
Begitu mau pergi dari kantin, si Rendro disautin sama ibu penjaga kios kantin " Dik, Bayar dulu minumnya......."

            Marco yang keluar dari kantin tersenyum puas rencananya berhasil, dia tinggal nyari dua orang lagi buat dikorbanin. Nah, langsung aja dia ngeliat Olga dan Goro kongkow-kongkow di bangku dekat halaman sekolah. dengan gaya yang sama dia ngedeketin dua sohibnya tersebut.
            " HAIIIIIII PLEEENNNNNN !!!!!!!!!!!!!!!!!! ", hampir aja mereka kabur lantaran ngerasa bakalan ada bencana angin topan masuk ke sekolah.
            " WEITS, Tunggu weiiii ...." akhirnya mereka pun ga jadi lomba lari sprint lantaran tahu kalo itu si Marco
            " Gila lu Ko, suara lu kaya alarm kebakaran yang lagi dibakar......" si Goro memulai pembicaraan
            " Amin, amin ya Tuhan......Jantung gw...JANTUNG GW...oh, ternyata masih di dalam dada ku......" si Olga dengan tampang syok setengah mampus.
            " Sory, sory....Hehe, gini nih men....Gw ada ide...." dengan modal lidah yang udah dikasi jampi-jampi, si Marco berusaha menjelaskan maksud kedatangannya....walaupun dengan ekspresi yang ga jauh beda sewaktu Rendro ditawarin akhirnya mereka setuju ikutan lomba itu. Marco pun berlalu diiringi dengan senyum semanis Grandong yang kalo diliat orang sekitar bakalan menyebabkan katarak mendadak spontan di sekolahnya.

            The Day is Come.....Walaupun ini cuma perlombaan, tapi si Marco ga berharap menang menang amat tuh. Tujuannya cuma ngindarin yang namanya special test. Coz yang namanya itu setara didengernya kaya masyarakat jepang kejatuhan bom hiroshima. Setelah pemanasan geleng2 kepala, goyang2 badan dan kibas2 ekor (lho?) akhirnya giliran mereka maju. peraturan lombanya adalah sebanyak-banyaknya ngumpulin getah karet dalam waktu 5 menit, maka dialah pemenangnya....untuk pohonnya bukan pohon karet betulan tapi pohon mangga biasa yang dilumuri oli, diatasnya digantungin botol2 minuman yang digantung dan didalamnya isi karet. Tugasnya cuma nyambit botol2 itu biar jatuh dan dipindahkan ke ember, dan bwat nyambit disediakan GUNTING oleh panitia. (penekanan pada kata GUNTING setara dengan kata “gw ?” sewaktu disuruh nghadapin atlet sumo yang bodinya segede gaban)
            Yups.....dan " PRIIIIITT !!! " perlombaan pun dimulai, awalnya semua pada kepleset karena tidak lain, tidak bukan dan pastinya tidak benar (???) karena oli di pohon mangga itu. Serasa ingat kampung halamannya : Zimbabwe ternyata mereka malah paling semangat 45 x 3 = 28 bwat lomba. Dalam 3 menit aja mereka udah ngumpulin karet hampir ¾, dan daki badan sisanya. Dengan adanya cherleadeer cowo dadakan bwat ngasi support, si Marco langsung kejedot pohon n' si Goro langsung kepleset gaya lutung.Pada akhirnya peluit dibunyikan dan pertandingan pun berhenti.....setelah penilaian para juri akhirnya grupnya si Marco menang.
            " Hah? kita menang? " Marco pura2 bego dengan muka emang udah turunan bego tulen.
            " Ya...iyalah.... lu ga denger pengumuman tadi ? " si Rendro nyaut diiringin tawa2 dari Olga dan Goro yang suaranya bisa ampe menghidupkan alarm mobil sekabupaten.
Akhirnya mereka pun naik panggung bwat nerima hadiah....hadiah standar lomba sekolah....Jam dinding dan uang Rp 50.000.... yah, walaupun lombanya agak memalukan tapi mereka tetep seneng karena bisa berpartisipasi dalam semangat kebersamaan. Tul ga? (yo)

Nb : percakapan di belakang layar
            “ Coy, lu liat Andro ga? “ Tanya Marco ke temennya Dedung
            “ La? Si Andro kan pulang kampung ke Bali kemarin sore, lagi seminggu dia baru balik”
            “ Ha? Trus Spesial Test buat kita tu gmana ceritanya? “ Muka Marco tambah mengkerut bingung seperti tas kresek disetrika
            “ Special Test? Apaan tuh? Tumben gue denger, lu ngayal ah “ respon Dedung sambil meninggalkan Marco di belakang.
            “………………………………..” (Mulut terbuka lebar, badan item diguyur oli, kesadaran menipis, gaya persis seperti kukang kesedot vacuum cleaner. Ga ngerti? Bayangin aja sendiri)

Tidak ada komentar: