Langsung ke konten utama

MENEMANI PERJALANAN PADA MASA PANDEMI


Pandemi kali ini membuat saya banyak menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Mulai dari melaksanakan perkuliahan bagi mahasiswa saya secara online, kerja remote, komunikasi lebih banyak menggunakan akses internet dan berbagai macam lainnya dalam kamar studio 5x4 meter di rumah. Keluar rumah hanyalah untuk membeli makanan atau mengambil foto dan video di alam bebas untuk keperluan project (tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan).



Untuk memenuhi jumlah stok foto yang diinginkan, tentunya saya pergi ke beberapa daerah dan tidak jarang tempatnya saling berjauhan. Ketika berada di area yang cukup sepi, saya mencoba untuk berkomunikasi melalui  texting WA dengan kawan. Pesan terkirim dengan cepat. Begitu pun kala mengirim draft foto dengan email. Attachment email sampai dengan selamat. Semua ini tidak lepas dari peran kartu smartfren UNLIMITED dengan Extra Unlimited Malam Full Speed yang masuk di smartphone. Dengan pemakaian wajar (FUP) 1 GB selama 7 hari dengan harga Rp. 22.500, smartfren Unlimited menemani perjalanan saya semenjak beberapa malam yang lalu.



Begitu juga saat melakukan live Youtube di hari lain untuk salah satu channel Youtube Horor, Dread Team, smartfren melakukan tugasnya dengan baik. Gambar yang dikirim masih dengan kualitas HD saat streaming. “Syukurlah”. Karena saya mengira ini akan menjadi hal yang rumit ketika streaming. Untungnya juga durasi streaming tidak lebih dari 30 menit. Apakah hal itu juga membantu kelancaran streaming? “Mungkin….. namun tentunya karena sinyal smartfren jua”.



Perjalanan berlanjut menuju lokasi yang dekat pegunungan. Kali ini dengan misi yang berbeda untuk merekam timelapse awan. Merekam timelapse tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Cukup lama untuk saya melihat sekitar serta melihat update terbaru dari media sosial. Scroll Instagram, update twitter (eh, apa masih ada yang main twitter di sini? Silakan berkawan dengan saya di @bligungyudha), membaca berita di news portal dan mengumpulkan foto di smartphone di album Facebook. Saat sedang menikmati akses dunia maya, timelapse telah selesai direkam. Pindah lokasi, seting angle yang berbeda dan kembali berselancar dengan lancar di dunia maya.



Sebenarnya tidak ada ruginya untuk kita kepoin kemampuan smartfren. Bisa langsung cek info lengkap produk smartfren Unlimited di SINI untuk mendapatkan informasi dan langsung merasakan experiencenya.



Tugas sudah selesai dan saatnya kembali pulang ke rumah. Butuh 1 jam perjalanan dengan menggunakan motor. Earphone yang sedari tadi ada di tas, saya tancapkan ke smartphone. Aplikasi Spotify saya buka untuk mendengarkan lagu – lagu dari Gorillaz. Tidak lupa memakai helm dengan kunci kliknya. Motor akhirnya melaju kencang dengan turut menyenandungkan lagu – lagu online tiada sinyal macet maupun buffering“Ah… Fell Good!”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Anonymous – Sahabat

     Aku lupa kapan pernah pergi ke salah satu SD di daerah Sudirman, Denpasar. Karena harus mengurus suatu urusan yang belum terurus, jadilah waktuku harus teralokasikan sedari pagi disana. Dalam postingan kali ini, sesungguhnya dan sebenarnya, tidak bercerita tentang kegiatan yang kulakukan di SD bersangkutan. Namun lebih kepada puisi tempel dinding yang sekejap mengambil perhatianku dan mematungkan diriku dengan setiap kalimat didalamnya. Sangat polos. Sangat jujur. Sangat keren. 

Soe Hok Gie : Catatan Seorang Demonstran (Resensi) - 2012

makanan ringan + bacaan berbobot       “ Saya dilahirkan pada tanggal 17 Desember 1942 ketika perang tengah berkecamuk di Pasifik…” Sebuah catatan pada tahun 1957 tercipta dari tangan seorang generasi Indonesia keturunan Cina. Namanya Soe Hok Gie. Seseorang yang hidup pada era orde lama yang selanjutnya menjadi salah satu tokoh penting dalam pergerakan perubahan yang terjadi di Indonesia saat itu.

MENUAI JANJI PADA INTERNET UNLIMITED YANG STABIL

Kecepatan dan kestabilan jaringan adalah dua hal yang di idamkan para peselancar internet. Tidak di masa ini saja, sebenarnya di masa lalu juga impian ini telah ada. Namun saat saya mengingat kala menyewa satu komputer di bilik warnet dan mengunduh gambar 30kb hingga satu menit di masa itu, ah, sekarang saya tahu dari mana kesabaran saya bisa setebal sekarang. Kebutuhan manusia di jaman 2021 ini sangat bergantung pada internet dan jaringannya. Memang awalnya diciptakan di tahun 1969 untuk kebutuhan Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Namun kini, di seluruh dunia, dalam kegiatan dan kebutuhan apapun semuanya menggunakan internet. Baik untuk berinteraksi sosial, berbisnis hingga sekedar mencari hiburan. Saya adalah tipikal yang sangat menggemari produk audio visual. Melihat foto di Instagram, menonton Youtube sampai mengintip desain – desain keren di Pinterest. Tentunya saya mencoba berbagai provider yang “menjanjikan” untuk di jajal berdasarkan kebutuhan saya. Setelah berpetualang da